Kenali Cara Ternak Ayam Potong Supaya Ayam Tumbuh Dengan Sehat

Sekarang ini banyak masyarakat mulai tertarik untuk menjalankan usaha ternak ayam potong. Mungkin kelihatannya usaha tersebut terlihat mudah sekali namun ternyata ada berbagai macam hal penting yang perlu diperhatikan. Inilah mengapa anda patut mempelajari cara ternak ayam potong yang baik dan benar. Permintaan pasar yang meningkat memungkinkan banyak orang tertarik untuk ternak ayam potong. Apalagi saat kita temui pada rumah makan, ayam tersaji dengan varian menu berbeda.

Ayam potong sengaja dibesarkan pada bagian dagingnya. Kebanyakan orang sering memberikan sebutan sebagai ayam pedaging. Setidaknya ayam tersebut ketika dijual mampu memenuhi kebutuhan pasar sebagai bahan pangan. Jika memang kini anda mulai tertarik dengan ternak ayam potong. Ada baiknya anda mengerti berbagai macam hal berikut ini:

  • Membuat kandang ayam

Jika memang anda sudah berencana ternak ayam potong maka pembuatan kandangnya terbilang penting diperhatikan. Kandang ayam potong ini memang mengutamakan kebersihan. Jadi anda perlu melakukan perawatan dengan benar. Usahakan kandangnya selalu bersih dari kotoran. Ada baiknya pula anda membuat kandang dengan ukuran cukup luas sehingga ayam begitu mudah untuk bergerak. Pastikan mereka memperoleh cahaya matahari cukup dengan menghadirkan ventilasi udara. Suhu yang berada dalam kandang ayam potong untuk ayam ukuran 1 sampai 7 hari bisa dengan suhu 32 sampai dengan 34 derajat celcius.

  • Memilih bibit yang unggul

Perlu anda ketahui jika keberhasilan ternak ayam potong ini juga berasal dari bibit yang tadinya menjadi pilihan. Usahakan untuk memilih bibit unggul supaya ayam yang diternak bisa tumbuh dengan subur. Setidaknya bibit harus bertubuh gemuk serta bulat. Selain itu usahakan juga bibit berasal dari indukan dengan gerak yang aktif. Ayam potong dengan  bulu mengkilap ternyata juga menarik dijadikan pilihan. Setidaknya untuk berat bibit ayam potong ini sekitar 39 gram per ekornya.

  • Proses pemberian pakan

Ayam potong memang membutuhkan banyak asupan nutrisi yang berada pada pakannya. Kali ini anda perlu memberikan pakan dengan kandungan protein, lemak, vitamin maupun karbohidrat. Dengan begini maka ayam pun bisa menghasilkan daging berkualitas. Biasanya untuk ayam pedaging kebanyakan lebih suka memberikan pakan dengan kandungan konsentrat. Bahkan ada pula yang memberikan pakan bekatul maupun biji-bijian.

Dengan memperhatikan beberapa cara ternak ayam potong tersebut semoga saja semakin menginspirasi anda yang berkeinginan ternak ayam. Dimana anda harus mampu merawat ayam dengan baik hingga akhirnya ayam tersebut siap untuk dipanen.

Bisnis

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*